Minggu, 27 Oktober 2013

EVALUASI GURU BERSERTIFIKASI

Posted by http://smpngalis2.blogspot.com/ | 09.37 Categories:
Oleh: Prof. Suyanto, Ph.D 


  Guru  yang  saat  ini  sudah memegang  sertifikat  pendidik  akan  segera dievaluasi.  Demikian rencana  pemerintah  dalam  kerangka  meningkatkan kualitas  layanan  pendidikan  secara  terus menerus.  Pendidikan  dalam prosesnya  akan  menghasilkan  outcome  yang  final.  Artinya,  sekali satuan pendidikan  memberikan  tanda  tamat  belajar  kepada  siswa  ya  itulah  hasil akhir dari proses yang ditawarkan  sekolah dan dibeli oleh  siswa.  Jadi,  kalau terjadi  kesalahan  dalam  proses pendidikan  yang  diakibatkan  oleh  tidak dimilikinya  kompetensi  oleh  guru,  maka  tidak  ada  lagi kesempatan  untuk memperbaiki outcome dari sebuah proses pendidikan oleh satuan pendidikan itu sendiri. Kalau saja guru mengajarkan konsep, pengetahuan, ilmu, maupun sistem nilai yang salah kepada siswa, maka  setelah seorang siswa  lulus dari sekolahnya semua bentuk kesalahan  itu akan dibawa serta oleh para  lulusan kemana  saja  dia  hidup  dan  mengabdi.  Oleh  karena  itu  guru  harus benar-benar profesional, menguasai  kompetensi profesi, akademik,  sosial, maupun kompetensi pribadi. Sungguh sangat beda dalam industri barang yang besifat massif  juga,  seperti  dalam  industri otomotif.  Jika  ada  produk  mobil  yang ternyata salah, maka produsennya dengan mudah pasang pengumuman agar semua  pembeli merk mobil  yang  dibuat  pada  tahun  tertentu  datang  lagi  ke semua  agen  penjualannya  untuk  dibetulkan  kesalahannya.  Lalu  bagaimana dalam  dunia  pendidikan formal  persekolahan?  Sangat  tidak  mungkin  dan sangat  tidak  bisa  untuk  memanggil  kembali semua  lulusannya  untuk dilakukan perbaikan konsep, pengetahuan, keilmuan, maupun  tata nilai yang 
sudah  terlanjur  mereka  terima  secara  salah  dari  guru-guru  mereka.  Itulah sebabnya  guru  memang sedapat  mungkin  tidak  mengajarkan  sedikitpun sesuatu hal  yang  salah pada  siswanya. Oleh  karena itu para guru  kita  yang saat  ini  telah memagang  sertifikat  pendidik  yang  jumlahnya  telah mencapai 1.020.000  di  jenjang  pendidikan  dasar  dan menengah,  perlu meningkatkan dirinya  sebagai  guru profesional  dari  hari  ke  hari  tanpa  henti.  Mengapa begitu? Karena  ilmu pengetahuan dan teknologi saat  ini melaju amat sangat cepat.  Tiga  puluh  tahun  lalu  suatu  ilmu  pengetahuan berkembang memerlukan waktu puluhan  tahun. Saat  ini  ilmu pengetahuan dan  teknologi berkembang berlipat hanya memerlukan waktu dalam kurun bulan saja. Kalau saja guru guru kita yang telah memegang sertifikat profesi tidak dilihat secara periodik  kompetensinya,  sulit  diketahui  dan  dicegah apakah  guru  kita memang  telah  menjalankan  proses  pembelajaran  secara  profesional  di kelasnya masing-masing,  sehingga  tidak  memberi  bekal  yang  keliru  baik secara  pedagagis  maupun akademik  kepada  para  siswanya  setelah  lulus nanti.  
   Mengapa harus dievaluasi? Apakah tidak pantas dipercaya mereka para guru  yang  telah mendapatkan  sertifikat  pendidik?  Persoalannya  bukan percaya  tidak  percaya,  tetapi persmasalahnnya  lebih  terletak  pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu mengikuti prinsip deret ukur, sedang peningkatan kompetensi para guru bisa dipastikan hanya bisa berjalan  sesuai  prinsip  deret  hitung.  Di  samping  itu,  saat  ini pembangunan pendidikan kita memusatkan pada kebijakan peningkatan mutu layanan. Jika saja para guru yang telah disertifikasi itu tidak berdampak pada mutu  layanan, apa  kata dunia pada  sektor pendidikan  kita? Di negara maju semua  profesional  juga  selalu  dievaluasi  secara  periodik.  Seorang  mekanik saja,  di  Amerika Serikat,  harus  lulus  uji  sertifikasi  setiap  lima  tahun  sekali. Kalau  tidak  lulus, maka  ijin bengkelnya dicabut. Begitu  juga seorang dokter, setiap  lima  tahun  sekali  harus  menjalani  uji kompetensi.  Kalau  tidak  lulus mereka di-grounded, tidak bisa prektek kedakteran lagi.  
  Bagaimana semangat eavaluasi para guru bersertifikat pendidik? Tentu tidak  ada  niatan  untuk memutuskan  kegiatan  mengajar  mereka  di  dunia pendidikan,  terlebih  lebih  memutuskan  tunjangan profesinya.  Tujuan utamanya  ialah  agar  para  guru  profesional  kita  sadar  bahwa  continues professional  development  tetap  dilakukan  secara  terus menerus. Ada  gejala bagi guru  yang  telah bersertifikasi  tidak mau  lagi meningkatkan  kompetensi profesi mereka. Jika diminta untuk mengikuti seminar akademik saja mereka oagah-ogahan  lantaran  telah  memiliki  sertifikat  pendidik.  Di samping  itu, pemerintah  memang  sudah  luar  biasa  memberikan  berbagai  tunjangan kepada para guru kita. Paling tidak tahun ini di jenjang pendidikan dasar saja talah mencapai 30  trilyun  rupiah untuk membayar berbagai  tunjangan guru. 
Oleh  karena  itu  wajar  kalau  kompetensi  mereka  dipetakan  melalui  sebuah evaluasi kompetensi. Semoga begitu. 



Prof. Suyanto, Ph.D, 
Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta, 
Plt. Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud. 


  
Artikel ini pernah dimuat di media.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube